Cara termudah untuk memasukan data di dalam microsoft excel
2010 adalah dengan mengklik salah satu sel dan ketikan nilainya. Metode ini
bekerja dengan sangat baik ketika anda memasukan potongan-potongan data (bukan
satu kalimat penuh). Sebagai contoh, ketika seorang manajer ingin menyimpan
data-data pemasukan perusahaan untuk 1 tahun penuh alangkah lebih baik apabila
di buat potongan-potongan data dan memasukan data-data tersebut ke dalam satu
sel spesifik (lihat gambar di bawah).
Apabila data yang dimasukan merupakan perulangan dari data
sebelumnya, anda tidak perlu susah payah memasukan data satu per satu. Excel
sudah menyiapkan cara paling efektif untuk memasukan data tersebut. Misalkan
anda memasukan angka 1 di salah satu sel, untuk memasukan angka 2, 3, 4, 5 dan
seterusnya sorot sel nomor 1 kemudian arahkan mouse ke ujung kanan bawah sel
tersebut sampai muncul tanda +, klik tombol kiri mouse sambil tahan ctrl (di
keyboard) lalu seret ke arah yang anda inginkan. Contoh di gambar Nomor 1
dilakukan perulangan sampai nomor 12 dengan cara yang disebutkan di atas.
Selain angka dan dengan cara yang sama, anda juga bisa melakukan
perulangan dalam bentuk bulan. Contoh di atas menunjukan perulangan dari bulan
Januari sampai dengan Desember.
Tips:
- Apabila anda hanya ingin mengkopi nomor saja, jangan tekan tombol ctrl.
- Cara memasukan data di atas di sebut dengan AutoComplete. Anda bisa mematikan fungsi ini dengan cara klik menu File arahkan ke Options, pilih tab Advanced. Pada bagian Editing Options hilangkan ceklist Enable AutoComplete for Cell Values lalu tekan tombol Ok.
Regards
Denny N - Profesional Microsoft Excel
08112246437
Tidak ada komentar:
Posting Komentar