Excel mampu menyimpan data sampai jutaan bahkan miliaran
data di dalam satu buku kerja. Bisa menjadi kesulitan yang cukup besar dan
kompleks apabila anda mencari isi data yang spesifik di dalam data Excel yang
anda miliki. Oleh karenanya Excel memiliki kemampuan atau fitur yang dapat
mencari isi data secara spesifik yaitu fitur Find and Replace.
Klik menu Home di Ribbon menu, kemudian klik Find &
Select pilih Find atau panggil dengan shortcut Ctrl + F maka akan terbuka
dialog box Find and Replace seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
Anda bisa mencari isi file yang anda inginkan dengan hanya
menulis teks atau kalimat di text box Find What. Apabila anda ingin mencari isi
file yang lebih detail lagi, anda bisa mengklik tombol Options dan akan muncul
beberapa fungsi pencarian lain seperti Within: (pencarian dilakukan di dalam
lembar kerja aktif atau di seluruh buku kerja); Search: (pencarian berdasarkan isi
data yang ada pada baris atau kolom); Look in: (pencarian di lihat di dalam
formula/rumus, Values/nilai, dan Komentar yang anda masukkan di dalam data);
Match case (kecocokan kata atau kalimat khususnya untuk huruf kapital atau
tidak); dan Match entire cell contents (kecocokan kata atau kalimat dari
keseluruhan konten data, contoh: kata “Kuat” tidak sama dengan kata “Kekuatan”)
Menu Replace (tab Replace) digunakan untuk mengganti
kata-kata atau kalimat yang tidak sesuai misalkan anda ingin mengganti kata “ia”
menjadi “dia”, anda sadar bahwa ada ratusan kata “ia” di dalam data yang anda
buat dan akan sangat membuang waktu apabila anda mengganti satu-satu kata “ia”.
Masukan kata “ia” ke dalam field Find what: dan masukkan
kata “dia” ke dalam field Replace with: kemudian tekan tombol Replace All untuk
mengubah semua kata-kata tersebut tanpa harus anda periksa atau Replace untuk
mengubah satu per satu sambil bisa anda cek kalimat secara keseluruhan.
Regards
Denny Nugroho
Profesional Microsoft Excel
Profesional Microsoft Excel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar