Pernahkah anda mengalami kesulitan saat sedang mencari data
di dalam file Excel anda? Misalkan anda memiliki data seperti gambar di bawah
ini
Misalkan anda ingin mencari barang yang dikeluarkan di tahun
2012 atau barang yang berlokasi di Jawa Barat saja? Apa yang harus anda
lakukan. Anda harus menatap layar komputer dan mengecek satu per satu dari
baris dan kolom yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan.
Ada cara paling mudah untuk mencari data-data yang dikelompokkan
seperti gambar di atas, cara paling jitu adalah fitur yang dinamakan dengan
filter. Untuk lebih jelasnya, sekarang coba anda buat data seperti gambar di
atas kemudian sorot semua data dimulai dari B2 sampai dengan F13 (B2:F13).
Setelah itu klik menu Home dan pilih Sort & Filter kemudian aktifkan fitur
Filter, sehingga muncul dialog box seperti gambar di bawah.
Sekarang anda bisa mencari berdasarkan kelompok yang anda
perlukan misalkan berdasarkan Lokasi, Rute, Tanggal, dan lain-lain. Perhatikan perbedaannya
dengan melihat gambar di bawah ini setelah dikelompokkan.
Fitur filter ini sangat berguna
sekali apabila anda memiliki data ratusan sampai ribuan baris di dalam proyek
yang sedang anda kerjakan.
Regards
Denny Nugroho
Profesional Microsoft Excel
Profesional Microsoft Excel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar