Kamis, 18 Juli 2013

Membatasi Data (filter) di Microsoft Excel 2010

Pernahkah anda mengalami kesulitan saat sedang mencari data di dalam file Excel anda? Misalkan anda memiliki data seperti gambar di bawah ini


Misalkan anda ingin mencari barang yang dikeluarkan di tahun 2012 atau barang yang berlokasi di Jawa Barat saja? Apa yang harus anda lakukan. Anda harus menatap layar komputer dan mengecek satu per satu dari baris dan kolom yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan.

Ada cara paling mudah untuk mencari data-data yang dikelompokkan seperti gambar di atas, cara paling jitu adalah fitur yang dinamakan dengan filter. Untuk lebih jelasnya, sekarang coba anda buat data seperti gambar di atas kemudian sorot semua data dimulai dari B2 sampai dengan F13 (B2:F13). Setelah itu klik menu Home dan pilih Sort & Filter kemudian aktifkan fitur Filter, sehingga muncul dialog box seperti gambar di bawah.



Sekarang anda bisa mencari berdasarkan kelompok yang anda perlukan misalkan berdasarkan Lokasi, Rute, Tanggal, dan lain-lain. Perhatikan perbedaannya dengan melihat gambar di bawah ini setelah dikelompokkan.




Fitur filter ini sangat berguna sekali apabila anda memiliki data ratusan sampai ribuan baris di dalam proyek yang sedang anda kerjakan.

Regards


Denny Nugroho
Profesional Microsoft Excel 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar